Rabu, 24 Januari 2024

SATU GURU SATU BLOG BERSAMA ORGANISASI PROFESI GURU DIGITAL

Paradigma pembelajaran yang bergeser dari pembelajaran di ruang-ruang kelas nyata ke ruang-ruang kelas maya karena kemajuan teknologi informasi. Keadaan ini menyebabkan perkembangan model pembelajaran secara digital menjadi semakin cepat berkembang. Guru dituntut untuk bisa menyesuaikan perkembangan zaman ini. Apalagi siswa-siswa sekarang hidup di era yang serba canggih dengan berbagai fasiitas digital yang mudah ditemukan. Maka kebutuhan guru untuk memberikan pembelajaran sesuai dengan kodrat zaman anak harus segera dilakukan.

Sagusablog


Program pelatihan Sagusablog adalah sebuah pelatihan pembuatan Blog sebagai salah satu media pembelajaran digital. Program Sagusablog ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia. Program ini dirancang untuk memberikan pelatihan secara online bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk dapat membuat blog ataupun web blog secara mudah. Pelatihan yang diprakarsai Mr Mung ini sudah berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Manfaat adanya pelatihan ini sangatlah banyak antara lain dapat membuat blog secara mudah dan sederhana. Guru dapat memiliki wawasan tambahan sebagai keterampilan penunjang dalam pembelajaran di kelas. Blog dapat pula disusun sebagai media pembelajaran yan interaktif dan menarik bagi siswa.

Implementasi di sekolah dari pelatihan ini adalah dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Selain itu dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana berkomunikasi dengan siswa. blog dapat pula menjadi bahan refleksi pembelajaran. Selain itu dapat menjadi sarana administrasi bagi guru.

Harapannya pelatihan ini dpat terus berlangsung sehingga semakin banyak guru yang menguasai pembuatan blog. Jika banyak guru menguasai pembuatan Blog maka langkah digitalisasi pendidikan tentu akan berjalan dengan baik. Semoga ke depannya pembelajaran dengan berbasis IT juga semakin membawa dampak positif bagi siswa.


0 komentar:

Posting Komentar